Rancangan Pengembangan UbD - Evaluate Work and Progress

Dalam tahap ini peserta didik diberikan ruang untuk mengevaluasi kemajuan dan nilai diri, peserta didik harus diizinkan untuk mengevaluasi pekerjaan yang telah mereka berikan kepada instruktur melalui penilaian diri yang diberikan melalui rubrik. (D’Angelo, 2019)

1.     Bagaimana caranya peserta didik dibimbing dalam penilaian diri, evaluasi diri, dan penyesuaian?

Jawab: Penilaian ini merupakan kunci dalam penilaian otentik dan dalam pengaturan pembelajaran diri, motivasi dan strategi untuk menyelesaikan permasalahan dengan tujuan spesifik (Ratnawulan dan Rusdiana, 2014). Namun dalam penilaian diri sering kali terjadi bias atau ketidak tepatan siswa dalam menilai diri mereka sendiri, hal ini dikarenakan peserta didik belum terbiasa dalam menilai diri, belum memahami materi ataupun biasanya peserta didik hanya terfokus pada poin benar (positif) sehingga menyebabkan penilaian yang berlebihan (Syafitri dkk, 2020). Cara yang dapat dilakukan agar peserta didik dapat melakukan penilaian diri dengan baik adalah menekankan unsur strategis agar senantiasa sadar akan kekuatan dan kelemahan, para siswa berhasil menjalankan yang terbaik apabila mereka memiliki pemahaman yang mendalam akan kelebihan dan kelemahan mereka sendiri dan akses dalam menyusun strategi untuk belajar. Peserta didik akan dibantu untuk melihat dari apa yang telah mereka pelajari dengan cara guru memberikan tugas atau tes (kuis) terkait hal-hal yang telah mereka pelajari.

2.     Bagaimana peserta didik akan terlibat dalam evaluasi diri akhir untuk mengidentifikasi diri, menetapkan tujuan masa depan, dan memiliki semangat belajar?

Penilaian diri pada peserta didik akan memberikan peluang kepada para siswa untuk merefleksikan apa yang mereka pelajari dengan membuat rangkaian yang jelas dalam isi dan pikiran. Sehingga mereka menemukan sendiri kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam menetapkan tahapan belajar selanjutnya yang lebih baik. Penilaian diri peserta didik akan digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang di dalamnya. Dalam pengaturan diri pembelajar, murid membuat pilihan, memilih aktivitas pembelajaran, dan merencanakan bagaimana mereka menggunakan waktu dan sumber. Mereka memiliki kebebasan untuk memilih aktivitas yang menantang. (Ratnawulan dan Rusdiana, 2014).

3.     Bagaimana peserta didik akan dibantu untuk melihat dari apa yang telah mereka pelajari dan apa yang membutuhkan untuk penyempurnaan lebih lanjut?

Jawab: Peserta didik akan dibantu untuk melihat dari apa yang telah mereka pelajari dengan cara guru memberikan tugas atau tes (kuis) terkait hal-hal yang telah mereka pelajari. Lalu, hasil tugas tersebut diperiksa dan ditindak lanjut oleh guru agar mereka dapat mengetahui tingkat pemahaman mereka terhadap hal-hal yang mereka pelajari bersama guru tersebut. 

Referensi

D’Angelo dkk. 2019. What is Understanding by Design (UbD). UF/IFAS Extension. 1-5

Ratnawulan dan Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Syafitri, Ulfa Fuji., dkk. (2020). Profil Tingkat Keakuratan Penilaian Diri Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Vol.7 (No.2), hal. 105-110 

 

Komentar