Rancangan Pembelajaran dalam UbD (Understanding by Design)

Dalam membuat rancangan pembelajaran UbD harus memperhatikan tujuan pembelajaran. Rancangan Pembelajaran dalam Understanding by Design disusun atas WHERE TO yang terdiri dari:

1.     Where and What 

Help the students know WHERE the unit is going and WHAT is expected?

Pada tahap rancangan ini bermakna bahwa tujuan pembelajarannya harus jelas bagi peserta didik. Sebelum menentukan tujuan pembelajaran, pendidik dapat mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan peserta didik sebelumnya serta minat belajar peserta didik.

2.     Hook and Hold

HOOK all student and HOLD their interest

Guru memastikan hal yang akan disampaikan memiliki tujuan dan berhubungan langsung dengan materi pembelajaran tersebut. Identifikasi teknologi yang digunakan dalam pembelajaran untuk melibatkan dan memfokuskan peserta didik pada ide-ide besar sesuai dengan melihat macam-macam peluang yang tersedia untuk menopang minat belajar peserta didik.

3.     Equip, Experience, and Explore

EQUIP students, help them EXPERIENCE the key ideas, and EXPLORE the issues

Melengkapi peserta didik dengan memberi mereka pengalaman belajar. Caranya adalah dengan melibatkan peserta didik dalam suatu permasalahan sehingga mereka mengeksplorasi berbagai sumber untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. 

4.     Reflect, Rethink, and Revise

Do REFLECT for the learning and then provide opportunities to RETHINK and REVISE their understandings and work

Merefleksikan pembelajaran bersama peserta didik dengan memberikan umpan balik kepada peserta didik sehingga mereka dapat memikirkan kembali, berlatih, merevisi, dan menyempurnakan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran yang telah dibelajarkan.

5.     Evaluate Work and Progress

EVALUATE WORK AND PROGRESS student through formative feedback to improve their work

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengevaluasi pemahaman dan perkembangan mereka. Peserta didik harus mampu mengevaluasi diri mereka sendiri dalam hal kekuatan akademik serta kelemahan dan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran. Langkah yang dapat dilakukan adalah memberikan umpan balik formatif dalam bentuk angket atau diskusi langsung.

6.     Tailor and Personalize the Work

PERSONALIZE THE WORK can be TAILORED to the different needs, interests, and abilities of learners

Peserta didik memiliki beragam latar belakang dan tingkat pemahaman yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bahwa rencana pembelajaran memungkinkan adanya variasi dalam konten yang digunakan, cara peserta didik bekerja dengan konten tersebut, dan hasil karya peserta didik yang dihasilkan. Namun, tujuan pembelajaran dan kriteria penilaian tetap sama untuk semua peserta didik. Hal yang dipaparkan tersebut merupakan pengertian dari pembelajaran berdiferensiasi.

7.     Organize for Optimal Effectiveness

Help students to ORGANIZE use technology to OPTIMAL their EFFECTIVENESS

Guru mengatur dan mengurutkan rencana pembelajaran untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Kemudian, guru mengintegrasikan kebiasaan dalam keterampilan pemecahan masalah. Teknologi dapat digunakan dalam pembelajaran untuk menganalisis dan menginterpretasikan data.

 

Rancangan Pembelajaran dalam UbD


Komentar